Ngabuburit Puisi ala Mahasiswa KKN Unsyiah di Aceh Besar – Suarakomunikasi.com
21 Jul 2013

Ngabuburit Puisi ala Mahasiswa KKN Unsyiah di Aceh Besar

MENUNGGU waktu berbuka dimanfaatkan untuk berkreativitas oleh mahasiswa KKN Unsyiah kelompok 74 Desa Bira, Kecamatan Montasik, Kabupaten Aceh Besar. Tanah sawah yang dilanda kekeringan akhir-akhir ini dan biasa digunakan sebagai tempat bermain layang-layang disulap menjadi tempat belajar menulis dan membaca puisi anak-anak.

ngabuburit-puisi-mahasiswa-KKN-Unsyiah-di-Montasik

Ketua kelompok Chairul Huda Alma, yang juga mengajarkan puisi kepada anak-anak mengatakan kegiatan tersebut dilakukan untuk mengubah kebiasaan belajar puisi bagi anak-anak agar mereka lebih leluasa berekspresi dan bersuara.

“Selain untuk menunggu buka puasa, kegiatan ini juga berguna sebagai ajang latihan bagi anak-anak ini demi mempersiapkan diri untuk lomba yang akan dilaksanakan besok (hari ini-red),” katanya kepada ATJEHPOSTcom dalam rilis kemarin, Sabtu 20 Juli 2013.

Anak-anak yang mengikuti latihan pun terlihat sangat menikmati proses belajar puisi tersebut.

“Belajar puisi di sawah itu rasanya menyenangkan sebab tidak banyak orang,” kata Wilda salah satu peserta. “Kami tidak pernah sebelumnya baca puisi di sawah. Rupanya asyik dan bebas,” kata peserta lainnya, Salman.

Adapun karya tulis mereka nantinya akan dipajang pada hari lomba. “Kami berupaya menumbuhkan minat berkreativitas anak-anak di sini. Beberapa dari mereka sudah menunjukkan hasil yang baik. Semoga bisa terus berkembang,” kata Chairul.(Atjehpost)

Redaksi suarakomunikasi.com menerima sumbangan tulisan baik dari mahasiswa atau kalangan umum. Setiap tulisan dapat dikirim ke email suarakomunikasi[at]gmail.com dengan disertai identitas penulis.