10 Sep 2013

Dekan Dakwah dan Komunikasi Berbicara Tentang Beasiswa

Suarakomunikasi.com,Banda Aceh - Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Ar-Raniry Banda Aceh meyudisiumkan 77 sarjana dari kampus itu, Selasa (10/09/2013) di Aula utama kampus setempat.

Dekan Fakultas Dakwah Dr. A. Rani, M.Si

Dekan Fakultas Dakwah Dr. A. Rani, M.Si

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Dr. A. Rani, M.Si dalam sambutannya mengatakan, sebagai alumni Fakultas Dakwah dan Komunikasi harus mampu geopolitik internasional pada masa akan datang, diantaranya harus menguasai islam seraya berpedoman pada Al Quran dan Hadits.

“Alumni Fakultas Dakwah dan Komunikasi juga harus mampu mendeteksi geopolitik dan geobisnis masa mendatang, ke depan dua hal itu yang akan memegang peranan penting, saat ini kekuatan timur berada di Negara Asean, Jepang, Cina, India dan Korea, sepatutnya ummat islam saat ini berguru pada konsep politik dan bisnis mereka,” Ujar Rani.

Dia menambahkan, khusus dibidang disiplin ilmu Dakawah dan Komunikasi, dalam mengembangkannya penting untuk menguasai budaya setempat, memahami karakter dan adat istiadat yang berlaku.

Lebih lanjut disebutkan, Pimpinan Fakultas Dakwah dan Komunikasi telah mengirimkan 6 orang alumni ke Cina dan 1 orang ke Australia, serta tahun ini juga telah dikirim 1 orang lagi ke Cina bidang ilmu terkait dengan Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

“ Bagi yang berminat belajar ke Cina terutama ke Huazhong maka diharapkan mendaftar ke staf Dekan, oktober mendatang kami akan kirim nama dan berkas, sedangkan untuk mendaftar ke Debes pengisian formulirnya pada Januari nanti, kesempatan beasiswa hanya sekali,” kata Rani

Dekan juga mengingatkan kepada sarjana yang baru dilantik, agar terus melanjutkan pendidikannya, “ bagi yang ingin kuliah di Taiwan tunggu Expo Study In Taiwan oktober mendatang, 20 kampus ikut dalam promosi itu”.

Sementara Wakil Dekan I bidang Akademik Drs. Juhari Hasan, M.Si dalam laporan kepanitiaannya, mengatakan tahun ini Fakultas Dakwah dan Komunikasi terjadi peningkatan terutama secara kualitatif.

“prestasi kelulusan dengan predikat istimewa cenderung mengalami kenaikan, semester lalu yang predikat istimewa berjumlah 14 dari 67 sarjana, dan semester ini sebanyak 26 dari 77 sarjana, ini mengalami peningkatan 13,32 persen,” ujarnya.

Ditambahkan, prestasi secara kualitatif lainnya juga terjadi tahun ini, diantaranya 1 orang  yang menuliskan skripsi dalam 3 bahasa, Arab, Inggris dan Indonesia, serta beberapa orang yang menulis dalam bahasa inggris dan arab.

Berdasarkan nilai kelulusan, predikat istimewa 26, baik sekali 49, dan baik 2 orang, terdiri dari 26 orang dari jurusan KPI, 18 dari BPI, 11 dari DMD, dan 22 orang dari PMI. (Theglobejournal)

Redaksi suarakomunikasi.com menerima sumbangan tulisan baik dari mahasiswa atau kalangan umum. Setiap tulisan dapat dikirim ke email suarakomunikasi[at]gmail.com dengan disertai identitas penulis.