29 Jul 2013

Masyarakat Minta Tim Safari IAIN Tambah Jam Ceramah

Suarakomunikasi.com, Nagan Raya— Tim safari ramadhan IAIN Ar-Raniry Banda Aceh yang dikirim ke kabupaten Nagan Raya diminta perpanjang dan menambah jam ceramah dilokasi pengabdiannya.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Samsul Bahri, M.Ag usai melakukan evaluasi tim safari (29/7 /2013) di Grend Nagan Hotel, Nagan Raya.

“Dalam rangka pengabdian dosen IAIN Ar-Raniry tahun 2013 ini, tim safari ikut mensosialisasikan program pemerintah yaitu menghidupkan gerakan gampong mengaji ba’da magrib,” kata Samsul.

Dia menambahkan, hingga jelang malam terkhir ditiga kecamatan di Nagan Raya ini, masyarakat sangat antusias dengan kedatangan tim safari dari dosen-dosen senior kampus IAIN Ar-Raniry Banda Aceh.

“Jadwal yang ditetapkan oleh panitia kepada penceramah adalah mengisi taushiah setelah shalat isya dan tarawih, namum ada beberapa panitia masjid yang meminta kesediaan peceramah untuk mengisi ceramah ba’da shalat subuh,” ujar Samsul Bahri.

Lebih lanjut dikatakan, selain mengisi ceramah singat setelah shalat tarawih dan subuh, ada juga yang meminta kesedian tim safari IAIN ini untuk mengisi ceramah dengan durasi yang lebih panjang, yaitu ceramah Nuzulul Quran,” ujar Samsul.

Menurutnya, tim safari ini juga mengisi pengajian kepada ibu-ibu yang tergabung dalam jamaah taklim dibeberapa tempat, ini sebagai bentuk dukungan program pemerintah dalam melaksanakan masyarakat mengaji ba’da magrib, untuk mensialisasikan kepada ibu-ibu.

“Pada malam terakhir, tim safarai ramadhan mendapat undangan buka puasa dari tokoh masyarakat setempat, di kecamatan Kuala dan Kuala Pesisir dilaksanakan di kediaman camat setempat, sedangkan tim yang jadwal ceramahnya dikecamatan Seunagan diundang buka puasa di rumah imam masjid,” ujarnya.

Hal yang sama disampaikan Ketua Pengawas Kamaruddin, M.Ag, disebutkan beberapa masjid mendapat sambutan baik dari masyarakat, sehingga beberapa masjid menjemput langsung dari penginapan untuk dibawa ke masjid sesuai dengan jadwalnya.

“Tempat yang jauh dari penginapan kita antar langsung penceramahnya, sedangkan ditempat yang dekat dengan penginapan geuchik atau imam masjid sendiri yang menjempunya, ini sangat membantu bagi panitia, karena lokasi yang sangat jauh,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, ada tiga kecamatan yang dipilih sebagai lokasi pengabdian yaitu Kecamatan Seunagan, Kuala dan Kuala Pesisir. “Antara satu kecamatan dengan kecamatan lainnya lokasinya sangat jauh, jadi sangat membantu jika masyarakat mau menjemput,”tutup Kamar.[]

Rilis, Ar-raniry.ac.id

Redaksi suarakomunikasi.com menerima sumbangan tulisan baik dari mahasiswa atau kalangan umum. Setiap tulisan dapat dikirim ke email suarakomunikasi[at]gmail.com dengan disertai identitas penulis.